حَدَّثَنَا
ابْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ،
عَنْ عَزْرَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، { وَعَلَى
الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ } قَالَ كَانَتْ رُخْصَةً
لِلشَّيْخِ الْكَبِيرِ وَالْمَرْأَةِ الْكَبِيرَةِ وَهُمَا يُطِيقَانِ الصِّيَامَ
أَنْ يُفْطِرَا وَيُطْعِمَا مَكَانَ كُلِّ يَوْمٍ مِسْكِينًا وَالْحُبْلَى
وَالْمُرْضِعُ إِذَا خَافَتَا - قَالَ أَبُو دَاوُدَ يَعْنِي عَلَى أَوْلاَدِهِمَا
- أَفْطَرَتَا وَأَطْعَمَتَا
Ibnu al-Mutsanna menceritakan kepada kami, Ibnu Abi Adi
menceritakan kepada kami, dari Sa'id, dari Qatadah, dari Azrah, dari Sa'id bin
Jubair, dari Ibnu Abbas mengenai firman Allah: 'Dan atas orang-orang yang mampu
melaksanakannya (puasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin'
(QS. Al-Baqarah: 184). Ia (Ibnu Abbas) berkata: 'Ini adalah keringanan bagi
orang tua laki-laki dan orang tua perempuan yang keduanya masih mampu berpuasa,
bahwa keduanya boleh tidak berpuasa dan memberi makan seorang miskin untuk
setiap hari yang tidak berpuasa. Demikian juga bagi wanita hamil dan yang menyusui,
jika mereka khawatir (terhadap anak mereka).' Abu Dawud berkata, 'Yakni
khawatir terhadap anak-anak mereka,' maka keduanya boleh tidak berpuasa dan
memberi makan seorang miskin untuk setiap hari yang tidak berpuasa (HR Abu
Dawud)
Atsar tersebut riwayat Abu Dawud,
Yang dipermasalahkan adalah rawi yang bernama sa’id bin abi ‘arubah dan
qatadah. Sa’id dinilai ikhtilat (sering keliru) dan qatadah disebut tadlis
إذا خَافَتِ الحاملُ على نفسها والمرضِعُ
على ولدها في رمضان : يُفطران ويُطعمان مكانَ كل يومٍ مسكيناً، ولا يقضيان صوماً
((تفسير
الطبري، وصححه الألباني في الإرواء وقال: إسناده صحيح على شرط مسلم
“Jika seorang wanita hamil
mengkawatirkan dirinya dan wanita menyusui mengkawatirkan anaknya di bulan
Ramadhan (jika mereka berdua berpuasa) maka mereka berdua berbuka dan membayar
fidyah untuk setiap hari dengan memberi makan kepada seorang miskin, dan
keduanya tidak mengqodho.” (Diriwayatkan oleh At-Thobari no 2758. Syaikh
Al-Albani berkata, “Isnadnya shahih sesuai dengan persyaratan Imam Muslim
al-Irwaa 4/19)
حدثنا بشر بن معاذ قال :
حدثنا يزيد بن زريع قال : حدثنا سعيد ، عن قتادة ، عن عزرة ، عن سعيد بن جبير ، عن
ابن عباس قال : كان الشيخ الكبير والعجوز الكبيرة وهما يطيقان الصوم ، رخص لهما أن
يفطرا إن شاءا ويطعما لكل يوم مسكينا ، ثم نسخ ذلك بعد ذلك : " فمن شهد منكم
الشهر فليصمه ومن كان مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر " ، وثبت للشيخ
الكبير والعجوز الكبيرة ، إذا كانا لا يطيقان الصوم ، وللحبلى والمرضع إذا خافتا( تفسير الطبري الطبري - محمد بن جرير الطبري)
Ini diantara penilaian ulama tentang said bin abi arubah
"تهذيب التهذيب" لابن حجر العسقلاني (ج 4 / ص 68):
قال يحيى بن معين: "ثقة ثقة، إلا أنه اختلط في آخر
عمره
ومن سمع منه في الاختلاط فلا
يعتمد عليه، وأرواهم عنه عبد الاعلى السامي /، ثم شعيب بن إسحاق، وعبدة بن سليمان،
وعبد الوهاب الخفاف، وأثبتهم فيه يزيد بن زريع، وخالد بن الحارث، ويحيى القطان
"Dan barang siapa yang mendengar (meriwayatkan) darinya
setelah mengalami ikhtilat, maka tidak dapat diandalkan. Perawi yang paling
banyak meriwayatkan darinya adalah ‘Abdul A’la as-Sami, kemudian Syu’aib bin
Ishaq, dan (juga) ‘Abdah bin Sulaiman, ‘Abdul Wahhab al-Khuffaf. Yang paling
kuat periwayatannya darinya adalah Yazid bin Zurai’, Khalid bin al-Harith, dan
Yahya al-Qattan. (mizanul ‘itidal)
Perbandingan
riwayat dari sa’id bin abi arubah dari qotadah
حدثنا محمد بن عبيد الله
المنادي ، حدثنا روح بن عبادة ، حدثنا سعيد بن أبي عروبة ، عن قتادة ، عن أنس - أنَّ نَبِيَّ
اللَّهِ صَلّى اللهُ عليه وسلَّمَ قالَ لِأُبَيِّ بنِ كَعْبٍ: إنَّ اللَّهَ
أمَرَنِي أنْ أُقْرِئَكَ القُرْآنَ قالَ: آللَّهُ سَمّانِي لَكَ؟ قالَ: نَعَمْ
قالَ: وقدْ ذُكِرْتُ عِنْدَ رَبِّ العالَمِينَ؟ قالَ: نَعَمْ فَذَرَفَتْ عَيْناهُ.
الراوي: أنس بن مالك • البخاري، صحيح
البخاري (٤٩٦١) • [صحيح]
"Bahwa Nabi Allah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada
Ubay bin Ka'b: 'Sesungguhnya Allah memerintahkanku untuk membacakan Al-Qur'an
kepadamu.' Ubay bin Ka'b berkata: 'Apakah Allah menyebut namaku kepadamu?' Nabi
menjawab: 'Iya.' Ubay bertanya lagi: 'Apakah aku disebut di hadapan Rabb
semesta alam?' Nabi menjawab: 'Iya.' Maka Ubay pun menangis hingga kedua
matanya berlinang air mata (HR Bukhary 4961/4579)
عبد الرزاق ، عن
الثوري ، وعن ابن جريج ، عن عطاء ، عن ابن عباس قال : " تفطر الحامل والمرضع
في رمضان ، وتقضيان صياما ، ولا تطعمان
‘Abdurrazzaaq, dari Ats-Tsauriy dan dari Ibnu Juraij dari ‘Athaa’, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata :
“Wanita hamil dan menyusui boleh berbuka di bulan Ramadlaan dimana keduanya
menqadla’ puasa (yang ditinggalkannya) tanpa membayar fidyah”
[Diriwayatkan ‘Abdurrazzaaq 4/218 no. 7564]
Dalam atsar ini ada rawi yang dimasalahkan oleh ulama
hadits yaitu Ibnu Juraij Ia adalah ‘Abdul-Malik bin ‘Abdil-‘Aziiz bin Juraij
Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abul-Waliid (wafat : 149/150/151 H) – seorangyang
tsiqah, faqiih, lagi mempunyai keutamaan; namun banyak melakukan tadliis dan
irsaal [attaqrib, hal. 624 no. 4221]
قال الدارقطني: تجنب تدليس ابن جريج فإنه
قبيح التدليس، لا يدلّس إلا فيما سمعه من مجروح.
وذكره ابن حبان في «الثقات»
وقال: كان من فقهاء أهل الحجاز، وقرائهم، ومتقنيهم، وكان يدلّس.
وقال الذهلي: وابن جريج إذا
قال: «حدثني» و«سمعت»، فهو محتج بحديثه (الروض الناضر في سيرة
الإمام أبي جعفر الباقر ١/١٧٥ — بدر محمد باقر (معاصر)
Ad-Dāraquṭnī
berkata: "Hindarilah tadlīs Ibn Jurayj, karena tadlīs-nya tercela; ia
hanya melakukan tadlīs dalam apa yang ia dengar dari perawi yang dicacat."Ibn
Ḥibbān menyebutnya dalam "Aṡ-Ṡiqāt" dan berkata: "Ia
termasuk ahli fikih, qāriʾ, dan orang yang terpercaya dari kalangan penduduk
Hijaz, namun ia juga melakukan tadlīs."Adh-Dhahli berkata: "Adapun
Ibn Jurayj, jika ia berkata: 'ḥaddathanī' (telah menceritakan kepadaku) atau
'samiʿtu' (aku mendengar), maka hadisnya bisa dijadikan hujah." (Ar-Roudh
An-Nadhr fi Siirotil imam Abi Ja’far Al-Baqir)
وعن ابن أبي ليلى قال : دخلت على عطاء
في رمضان وهو يأكل ، فقال : قال ابن عباس نزلت هذه الآية فنسخت الأولى إلا الكبير
الفاني إن شاء أطعم عن كل يوم مسكينا وأفطر . فالنسخ ثابت في حق الصحيح المقيم
بالآية الآتية : ( فمن شهد منكم الشهر فليصمه . . . ) .
القرآن الكريم - في ظلال القرآن لسيد
قطب - تفسير سورة البقرة - الآية 184
ATSAR IBNU UMAR
Atsar ibnu umar dalam kitab al-istidzkar karya Ibnu Abdil Barr (maktabah syamilah):
ومعمر عن أيوب عن نافع عن بن عمر قال الحامل إذا خشيت
على نفسها في رمضان تفطر وتطعم ولا قضاء عليها
Penilaian ulama tentang atsar ini : Yahya
bin Ma'in: Dalam TARIKH YAHYA BIN MA’IN, Yahya memberikan
penilaian positif terhadap Ma'mar, tetapi juga menyatakan bahwa ada beberapa
riwayat yang perlu diperhatikan dengan hati-hati.
Dalam al muwatha (imam malik)
قال
أبو عمر أما الخبر عن بن عمر بما ذكر مالك أنه بلغه فقد رواه حماد بن زيد عن أيوب
عن نافع عن بن عمر وحماد بن سلمة عن أيوب وعبيد الله بن عمر عن نافع عن بن عمر أنه
كان يقول في الحامل والمرضع يفطران وتطعمان عن كل يوم مدا لمسكين
Riwayat ibnu umar dari jalur yang lain
حدثنا أبو صالح الأصبهاني ثنا أبو
مسعود ثنا الحجاج ثنا حماد عن أيوب عن نافع عن ابن عمر أن امرأته سألته وهي حبلى ،
فقال أفطري وأطعمي عن كل يوم مسكينا ولا تقضي
Telah menceritakan
kepada kami Abu Shaalih Al-Ashbahaaniy[1] : Telah menceritakan kepada kami
Abu Mas’uud[2] : Telah menceritakan kepada kami
Al-Hajjaaj[3] : Telah menceritakan kepada kami
Hammaad[4], dari Ayyuub[5], dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar :
Bahwasannya anak perempuannya pernah bertanya kepadanya (tentang kewajiban
puasa) yang pada saat itu ia dalam keadaan hamil. Maka Ibnu ‘Umar menjawab :
“Berbukalah dan berilah makan satu orang miskin sebagai ganti setiap harinya
dan jangan kamu mengqadla” [Diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni 3/198 no.
2388; sanadnya jayyid sebagaimana dikatakan oleh Al-Albaaniy
dalam Irwaaul-Ghaliil 4/20].
[1] Ia adalah ‘Abdurrahmaan bin
Sa’iid bin Haaruun Abu Mas’uud Al-Ashbahaaniy; seorang yang tsiqah sebagaimana
dikatakan oleh Ad-Daaruquthniy (w. 324 H) [Taraajimu Rijaali Ad-Daaruquthniy,
hal. 56 no. 94].
[2] Ia adalah Ahmad bin Al-Furaat
bin Khaalid Adl-Dlabbiy Abu Mas’uud Ar-Raaziy Al-Haafidh (w. 258 H) [Taqriibut-Tahdziib,
hal. 96 no. 88].
[3] Hajjaaj bin Al-Minhaal
Al-Anmaathiy Abu Muhammad As-Sulamiy; seorang yang tsiqah lagi faadlil (w.
216 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem,
hal. 224 no. 1146].
[4] Hammaad bin Salamah bin
Diinaar Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi ‘aabid,
berubah hapalannya di akhir hayatnya (w. 167). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya [idem, hal. 268-269 no. 1507].
[5] Ayyuub bin Abi Tamiimah
As-Sikhtiyaaniy Abu Bakr Al-Bashriy; seorang yang tsiqah, tsabat,
lagi hujjah (w. 131 H).Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim
dalam Shahih-nya [idem, hal. 158 no. 610]
Perbandingan sanad dari
hammad dari ayyub dari nafi’ dalam hadits Shahih Muslim
وحدثنا عَبْدُ بْنُ حُمَيدٍ. حَدَّثَنَا
يُونُسُ بن مُحَمَّدٍ. حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أيوبَ، عَنْ
نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ، كَانَ إِذَا قَعَدَ في
التَّشَهدِ وَضَعَ يَدَهُ اليُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ اليُسْرَى. وَوَضَعَ يَدَهُ
اليُمْنَى عَلَى رُكْبَتِهِ اليُمْنَى. وَعَقَدَ ثَلاثَةَ وَخَمْسِينَ. وَأَشَارَ
بِالسبابَةِ (رواه مسلم)
"Telah
menceritakan kepada kami 'Abd bin Humaid. Telah menceritakan kepada kami Yunus
bin Muhammad. Telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah, dari Ayyub,
dari Nafi', dari Ibnu Umar; bahwa Rasulullah ﷺ,
ketika beliau duduk dalam tasyahhud, meletakkan tangan kirinya di atas lutut
kirinya, dan meletakkan tangan kanannya di atas lutut kanannya. Beliau
membentuk (isyarat) tiga dan lima puluh (dengan jari-jarinya), dan beliau
menunjuk dengan jari telunjuknya." (HR Muslim)
قال ابن عباس : كانت رخصة للشيخ الكبير
، والمرأة الكبيرة ، وهما يطيقان الصيام ، أن يفطرا ، ويطعما مكان كل يوم مسكينا ،
والحبلى والمرضع إذا خافتا على أولادهما ، أفطرتا ، وأطعمتا . رواه أبو داود .
وروي ذلك عن ابن عمر ، ولا مخالف لهما في الصحابة (المغني ابن قدامة )
قال ابن المنذر : قال ابن عمر
وابن عباس وسعيد بن جبير : يفطران ويطعمان ، ولا قضاء عليهما ، وقال عطاء بن أبي
رباح والحسن والضحاك والنخعي والزهري وربيعة والأوزاعي وأبو حنيفة والثوري وأبو
عبيد وأبو ثور وأصحاب الرأي : يفطران ويقضيان ، ولا فدية كالمريض ، وقال الشافعي
وأحمد : يفطران ويقضيان ويفديان وروي ذلك عن مجاهد ، وقال مالك : الحامل تفطر
وتقضي ولا فدية والمرضع تفطر وتقضي وتفدي( المجموع
شرح المهذب)
النووي - أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي
Wallohu a’lam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar