Senin, 07 April 2025

wanita hamil fidyah/qodho menurut atsar ibnu abbas dan ibnu umar

 

حَدَّثَنَا ابْنُ الْمُثَنَّى، حَدَّثَنَا ابْنُ أَبِي عَدِيٍّ، عَنْ سَعِيدٍ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنْ عَزْرَةَ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، ‏{‏ وَعَلَى الَّذِينَ يُطِيقُونَهُ فِدْيَةٌ طَعَامُ مِسْكِينٍ ‏}‏ قَالَ كَانَتْ رُخْصَةً لِلشَّيْخِ الْكَبِيرِ وَالْمَرْأَةِ الْكَبِيرَةِ وَهُمَا يُطِيقَانِ الصِّيَامَ أَنْ يُفْطِرَا وَيُطْعِمَا مَكَانَ كُلِّ يَوْمٍ مِسْكِينًا وَالْحُبْلَى وَالْمُرْضِعُ إِذَا خَافَتَا - قَالَ أَبُو دَاوُدَ يَعْنِي عَلَى أَوْلاَدِهِمَا - أَفْطَرَتَا وَأَطْعَمَتَا

Ibnu al-Mutsanna menceritakan kepada kami, Ibnu Abi Adi menceritakan kepada kami, dari Sa'id, dari Qatadah, dari Azrah, dari Sa'id bin Jubair, dari Ibnu Abbas mengenai firman Allah: 'Dan atas orang-orang yang mampu melaksanakannya (puasa) membayar fidyah, yaitu memberi makan seorang miskin' (QS. Al-Baqarah: 184). Ia (Ibnu Abbas) berkata: 'Ini adalah keringanan bagi orang tua laki-laki dan orang tua perempuan yang keduanya masih mampu berpuasa, bahwa keduanya boleh tidak berpuasa dan memberi makan seorang miskin untuk setiap hari yang tidak berpuasa. Demikian juga bagi wanita hamil dan yang menyusui, jika mereka khawatir (terhadap anak mereka).' Abu Dawud berkata, 'Yakni khawatir terhadap anak-anak mereka,' maka keduanya boleh tidak berpuasa dan memberi makan seorang miskin untuk setiap hari yang tidak berpuasa (HR Abu Dawud)

 

Atsar tersebut riwayat Abu Dawud,

Yang dipermasalahkan adalah rawi yang bernama sa’id bin abi ‘arubah dan qatadah. Sa’id dinilai ikhtilat (sering keliru) dan qatadah disebut tadlis

 

إذا خَافَتِ الحاملُ على نفسها والمرضِعُ على ولدها في رمضان : يُفطران ويُطعمان مكانَ كل يومٍ مسكيناً، ولا يقضيان صوماً

((تفسير الطبري، وصححه الألباني في الإرواء وقال: إسناده صحيح على شرط مسلم

 “Jika seorang wanita hamil mengkawatirkan dirinya dan wanita menyusui mengkawatirkan anaknya di bulan Ramadhan (jika mereka berdua berpuasa) maka mereka berdua berbuka dan membayar fidyah untuk setiap hari dengan memberi makan kepada seorang miskin, dan keduanya tidak mengqodho.” (Diriwayatkan oleh At-Thobari no 2758. Syaikh Al-Albani berkata, “Isnadnya shahih sesuai dengan persyaratan Imam Muslim al-Irwaa 4/19)

حدثنا بشر بن معاذ قال : حدثنا يزيد بن زريع قال : حدثنا سعيد ، عن قتادة ، عن عزرة ، عن سعيد بن جبير ، عن ابن عباس قال : كان الشيخ الكبير والعجوز الكبيرة وهما يطيقان الصوم ، رخص لهما أن يفطرا إن شاءا ويطعما لكل يوم مسكينا ، ثم نسخ ذلك بعد ذلك : " فمن شهد منكم الشهر فليصمه ومن كان مريضا أو على سفر فعدة من أيام أخر " ، وثبت للشيخ الكبير والعجوز الكبيرة ، إذا كانا لا يطيقان الصوم ، وللحبلى والمرضع إذا خافتا( تفسير الطبري الطبري - محمد بن جرير الطبري)

Ini diantara penilaian ulama tentang said bin abi arubah

"تهذيب التهذيب" لابن حجر العسقلاني (ج 4 / ص 68):

قال يحيى بن معين: "ثقة ثقة، إلا أنه اختلط في آخر عمره

ومن سمع منه في الاختلاط فلا يعتمد عليه، وأرواهم عنه عبد الاعلى السامي /، ثم شعيب بن إسحاق، وعبدة بن سليمان، وعبد الوهاب الخفاف، وأثبتهم فيه يزيد بن زريع، وخالد بن الحارث، ويحيى القطان

"Dan barang siapa yang mendengar (meriwayatkan) darinya setelah mengalami ikhtilat, maka tidak dapat diandalkan. Perawi yang paling banyak meriwayatkan darinya adalah ‘Abdul A’la as-Sami, kemudian Syu’aib bin Ishaq, dan (juga) ‘Abdah bin Sulaiman, ‘Abdul Wahhab al-Khuffaf. Yang paling kuat periwayatannya darinya adalah Yazid bin Zurai’, Khalid bin al-Harith, dan Yahya al-Qattan. (mizanul ‘itidal)

 

Perbandingan riwayat dari sa’id bin abi arubah dari qotadah

حدثنا محمد بن عبيد الله المنادي ، حدثنا روح بن عبادة ، حدثنا سعيد بن أبي عروبة ، عن قتادة ، عن أنس - أنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلّى اللهُ عليه وسلَّمَ قالَ لِأُبَيِّ بنِ كَعْبٍ: إنَّ اللَّهَ أمَرَنِي أنْ أُقْرِئَكَ القُرْآنَ قالَ: آللَّهُ سَمّانِي لَكَ؟ قالَ: نَعَمْ قالَ: وقدْ ذُكِرْتُ عِنْدَ رَبِّ العالَمِينَ؟ قالَ: نَعَمْ فَذَرَفَتْ عَيْناهُ.

الراوي: أنس بن مالك • البخاري، صحيح البخاري (٤٩٦١) • [صحيح]

"Bahwa Nabi Allah shallallahu 'alaihi wa sallam berkata kepada Ubay bin Ka'b: 'Sesungguhnya Allah memerintahkanku untuk membacakan Al-Qur'an kepadamu.' Ubay bin Ka'b berkata: 'Apakah Allah menyebut namaku kepadamu?' Nabi menjawab: 'Iya.' Ubay bertanya lagi: 'Apakah aku disebut di hadapan Rabb semesta alam?' Nabi menjawab: 'Iya.' Maka Ubay pun menangis hingga kedua matanya berlinang air mata (HR Bukhary 4961/4579)


عبد الرزاق ، عن الثوري ، وعن ابن جريج ، عن عطاء ، عن ابن عباس قال : " تفطر الحامل والمرضع في رمضان ، وتقضيان صياما ، ولا تطعمان

‘Abdurrazzaaq, dari Ats-Tsauriy dan dari Ibnu Juraij dari ‘Athaa’, dari Ibnu ‘Abbaas, ia berkata : “Wanita hamil dan menyusui boleh berbuka di bulan Ramadlaan dimana keduanya menqadla’ puasa (yang ditinggalkannya) tanpa membayar fidyah” [Diriwayatkan ‘Abdurrazzaaq 4/218 no. 7564]

Dalam atsar ini ada rawi yang dimasalahkan oleh ulama hadits yaitu Ibnu Juraij Ia adalah ‘Abdul-Malik bin ‘Abdil-‘Aziiz bin Juraij Al-Qurasyiy Al-Umawiy, Abul-Waliid (wafat : 149/150/151 H) – seorangyang tsiqah, faqiih, lagi mempunyai keutamaan; namun banyak melakukan tadliis dan irsaal [attaqrib, hal. 624 no. 4221]

قال الدارقطني: تجنب تدليس ابن جريج فإنه قبيح التدليس، لا يدلّس إلا فيما سمعه من مجروح.
وذكره ابن حبان في «الثقات» وقال: كان من فقهاء أهل الحجاز، وقرائهم، ومتقنيهم، وكان يدلّس.
وقال الذهلي: وابن جريج إذا قال: «حدثني» و«سمعت»، فهو محتج بحديثه
(الروض الناضر في سيرة الإمام أبي جعفر الباقر ١/‏١٧٥ — بدر محمد باقر (معاصر)

Ad-Dāraquṭnī berkata: "Hindarilah tadlīs Ibn Jurayj, karena tadlīs-nya tercela; ia hanya melakukan tadlīs dalam apa yang ia dengar dari perawi yang dicacat."Ibn Ḥibbān menyebutnya dalam "Aṡ-Ṡiqāt" dan berkata: "Ia termasuk ahli fikih, qāriʾ, dan orang yang terpercaya dari kalangan penduduk Hijaz, namun ia juga melakukan tadlīs."Adh-Dhahli berkata: "Adapun Ibn Jurayj, jika ia berkata: 'ḥaddathanī' (telah menceritakan kepadaku) atau 'samiʿtu' (aku mendengar), maka hadisnya bisa dijadikan hujah." (Ar-Roudh An-Nadhr fi Siirotil imam Abi Ja’far Al-Baqir)

 

وعن ابن أبي ليلى قال : دخلت على عطاء في رمضان وهو يأكل ، فقال : قال ابن عباس نزلت هذه الآية فنسخت الأولى إلا الكبير الفاني إن شاء أطعم عن كل يوم مسكينا وأفطر . فالنسخ ثابت في حق الصحيح المقيم بالآية الآتية : ( فمن شهد منكم الشهر فليصمه . . . ) .

القرآن الكريم - في ظلال القرآن لسيد قطب - تفسير سورة البقرة - الآية 184

 

 ATSAR IBNU UMAR

Atsar ibnu umar dalam kitab al-istidzkar karya Ibnu Abdil Barr (maktabah syamilah):

ومعمر عن أيوب عن نافع عن بن عمر قال الحامل إذا خشيت على نفسها في رمضان تفطر وتطعم ولا قضاء عليها

Penilaian ulama tentang atsar ini : Yahya bin Ma'in: Dalam TARIKH YAHYA BIN MA’IN, Yahya memberikan penilaian positif terhadap Ma'mar, tetapi juga menyatakan bahwa ada beberapa riwayat yang perlu diperhatikan dengan hati-hati.

 

 

Dalam al muwatha (imam malik)

قال أبو عمر أما الخبر عن بن عمر بما ذكر مالك أنه بلغه فقد رواه حماد بن زيد عن أيوب عن نافع عن بن عمر وحماد بن سلمة عن أيوب وعبيد الله بن عمر عن نافع عن بن عمر أنه كان يقول في الحامل والمرضع يفطران وتطعمان عن كل يوم مدا لمسكين

Riwayat ibnu umar dari jalur yang lain

حدثنا أبو صالح الأصبهاني ثنا أبو مسعود ثنا الحجاج ثنا حماد عن أيوب عن نافع عن ابن عمر أن امرأته سألته وهي حبلى ، فقال أفطري وأطعمي عن كل يوم مسكينا ولا تقضي

Telah menceritakan kepada kami Abu Shaalih Al-Ashbahaaniy[1] : Telah menceritakan kepada kami Abu Mas’uud[2] : Telah menceritakan kepada kami Al-Hajjaaj[3] : Telah menceritakan kepada kami Hammaad[4], dari Ayyuub[5], dari Naafi’, dari Ibnu ‘Umar : Bahwasannya anak perempuannya pernah bertanya kepadanya (tentang kewajiban puasa) yang pada saat itu ia dalam keadaan hamil. Maka Ibnu ‘Umar menjawab : “Berbukalah dan berilah makan satu orang miskin sebagai ganti setiap harinya dan jangan kamu mengqadla” [Diriwayatkan oleh Ad-Daruquthni 3/198 no. 2388; sanadnya jayyid sebagaimana dikatakan oleh Al-Albaaniy dalam Irwaaul-Ghaliil 4/20].

[1]     Ia adalah ‘Abdurrahmaan bin Sa’iid bin Haaruun Abu Mas’uud Al-Ashbahaaniy; seorang yang tsiqah sebagaimana dikatakan oleh Ad-Daaruquthniy (w. 324 H) [Taraajimu Rijaali Ad-Daaruquthniy, hal. 56 no. 94].

[2]     Ia adalah Ahmad bin Al-Furaat bin Khaalid Adl-Dlabbiy Abu Mas’uud Ar-Raaziy Al-Haafidh (w. 258 H) [Taqriibut-Tahdziib, hal. 96 no. 88].

[3]     Hajjaaj bin Al-Minhaal Al-Anmaathiy Abu Muhammad As-Sulamiy; seorang yang tsiqah lagi faadlil (w. 216 H). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 224 no. 1146].

[4]     Hammaad bin Salamah bin Diinaar Al-Bashriy; seorang yang tsiqah lagi ‘aabid, berubah hapalannya di akhir hayatnya (w. 167). Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 268-269 no. 1507].

[5]     Ayyuub bin Abi Tamiimah As-Sikhtiyaaniy Abu Bakr Al-Bashriy; seorang yang tsiqahtsabat, lagi hujjah (w. 131 H).Dipakai Al-Bukhaariy dan Muslim dalam Shahih-nya [idem, hal. 158 no. 610]

 

Perbandingan sanad dari hammad dari ayyub dari nafi’ dalam hadits Shahih Muslim

 

وحدثنا عَبْدُ بْنُ حُمَيدٍ. حَدَّثَنَا يُونُسُ بن مُحَمَّدٍ. حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ، عَنْ أيوبَ، عَنْ نَافِعٍ، عَنِ ابْنِ عُمَرَ؛ أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ، كَانَ إِذَا قَعَدَ في التَّشَهدِ وَضَعَ يَدَهُ اليُسْرَى عَلَى رُكْبَتِهِ اليُسْرَى. وَوَضَعَ يَدَهُ اليُمْنَى عَلَى رُكْبَتِهِ اليُمْنَى. وَعَقَدَ ثَلاثَةَ وَخَمْسِينَ. وَأَشَارَ بِالسبابَةِ (رواه مسلم)

 

"Telah menceritakan kepada kami 'Abd bin Humaid. Telah menceritakan kepada kami Yunus bin Muhammad. Telah menceritakan kepada kami Hammad bin Salamah, dari Ayyub, dari Nafi', dari Ibnu Umar; bahwa Rasulullah , ketika beliau duduk dalam tasyahhud, meletakkan tangan kirinya di atas lutut kirinya, dan meletakkan tangan kanannya di atas lutut kanannya. Beliau membentuk (isyarat) tiga dan lima puluh (dengan jari-jarinya), dan beliau menunjuk dengan jari telunjuknya." (HR Muslim)

 

قال ابن عباس : كانت رخصة للشيخ الكبير ، والمرأة الكبيرة ، وهما يطيقان الصيام ، أن يفطرا ، ويطعما مكان كل يوم مسكينا ، والحبلى والمرضع إذا خافتا على أولادهما ، أفطرتا ، وأطعمتا . رواه أبو داود . وروي ذلك عن ابن عمر ، ولا مخالف لهما في الصحابة (المغني ابن قدامة )

قال ابن المنذر : قال ابن عمر وابن عباس وسعيد بن جبير : يفطران ويطعمان ، ولا قضاء عليهما ، وقال عطاء بن أبي رباح والحسن والضحاك والنخعي والزهري وربيعة والأوزاعي وأبو حنيفة والثوري وأبو عبيد وأبو ثور وأصحاب الرأي : يفطران ويقضيان ، ولا فدية كالمريض ، وقال الشافعي وأحمد : يفطران ويقضيان ويفديان وروي ذلك عن مجاهد ، وقال مالك : الحامل تفطر وتقضي ولا فدية والمرضع تفطر وتقضي وتفدي( المجموع شرح المهذب)

النووي - أبو زكريا محيي الدين يحيى بن شرف النووي

 Wallohu a’lam

Tidak ada komentar:

Kaitan antara shalat dan qurban

  قُلْ إِنَّ صَلاَتِى وَنُسُكِى وَمَحْيَاىَ وَمَمَاتِى للَّهِ رَبّ ٱلْعَـٰلَمِينَ " Katakanlah: "Sesungguhnya salat, ibadah, hi...